Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Setiap Wanita

Beranda gosip |
Kebanyakan wanita tidak berpikir ihwal nutrisi yang paling penting untuk kehamilan hingga mereka benar-benar hamil. Menurut AS Preventive Services Task Force , semua wanita perlu mengonsumsi asam folat meski mereka tidak hamil.

Folat atau asam folat , ialah vitamin B yang penting untuk pertumbuhan otak dan tulang belakang pada janin yang sedang berkembang.

Tapi apa gunanya mengonsumsi folat kalau Anda bahkan tidak berpikir untuk memiliki bayi? Jawabannya sederhana: alasannya ialah Anda mampu saja hamil , walau tidak direncanakan , selama Anda aktif secara seksual. Bahkan , alat kontrasepsi tidak mampu menjamin 100 persen bahwa Anda tidak akan hamil.

Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Setiap Wanita
Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Setiap Wanita 

"Cacat lahir dari otak dan tulang belakang terjadi pada tahap awal kehamilan (minggu-minggu pertama) , bahkan sebelum seorang wanita mengetahui bahwa ia sedang hamil ," kata Nancy C. Lee , MD , ajudan deputi sekretaris kesehatan dan administrator di Women’s Health at the Department of Health and Human Services.

Folat dapat ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran (terutama sayuran hijau) , serta kacang-kacangan dan produk biji-bijian yang diperkaya asam folat.

Ada kemungkinan Anda tidak menerima cukup asam folat dari makanan sehari-hari , sekalipun makanan itu berbentuk makanan kemasan yang diperkaya , alasannya ialah badan kita dapat menggunakan asam folat lebih efisien daripada folat. Jika Anda tidak terlalu tertarik pada produk multivitamin , Anda mampu mengonsumsi aksesori asam folat tunggal.

Jika seorang wanita mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan maka risiko cacat tabung saraf , cacat lahir dari otak atau tulang belakang pada janin , akan berkurang.

Sekitar satu dari setiap 1.000 kehamilan mengalami salah satu cacat bawaan tersebut. Mengonsumsi 0 ,4 miligram asam folat setiap hari dapat membantu mencegah risiko hingga 70 persen , terang Lee.

Penelitian lain yang didanai oleh National Institutes of Health menemukan , bahwa asam folat dapat membantu mengurangi risiko obesitas anak di masa depan.

Selain itu , badan Anda pun membutuhkan asam folat untuk membuat sel-sel baru.

Jika Anda sudah hamil atau sedang mencoba untuk hamil tetapi belum mengonsumsi asam folat , segera konsumsi alasannya ialah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Lee mengatakan , asam folat masih dapat membantu perkembangan janin kalau Anda mengonsumsinya pada usia kehamilan dua atau tiga bulan.

http://sumsel.tribunnews.com/2016/09/22/vitamin-yang-wajib-dikonsumsi-setiap-wanita

Artikel Beranda Informasi Lainnya :

Scroll to top